24 Nov 2010

Tips Belajar Supaya Lebih Cerdas


Tujuan semua orang belajar pasti agar lebih cerdas, bukan? Tapi terkadang saat belajar pikiran kita tidak fokus dan konsentrasi, alhasil, setelah belajar kita tidak mendapatkan ilmu secara maksimal. Bacalah tips-tips berikut, supaya belajar menjadikan anda lebih cerdas dan berhasil:
1. Belajarlah sambil mendengarkan musik . Berbagai penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pengaruh musik dengan peningkatan prestasi belajar. Musik membuat anda “mengalir’ , dan merangsang pikiran untuk berkosentrasi pada apa yang sedang anda pelajari atau kerjakan . Idealnya anda mendengarkan musik klasik atau instrumentalia/ musik lembut dengan beat yang santai . Tapi kalau anda tidak bisa menikmatinya , putarlah musik kesayangan anda
2. Ciptakan suasana ruang belajar anda senyaman mungkin supaya anda betah berada disana. Kalau memungkinkan , hiasilah dengan gambar-gambar pilihan atau kata-kata yang bisa memberi motivasi. Boleh juga menggantungkan poster idola , photo kekasih, atau piagam penghargaan yang pernah anda raih . Perhatikan juga ventilasi udara agar kamuanda tidak merasa kepanasan atau kedinginan . Aturlah penerangan agar sesuai dengan keperluan anda , tidak terlalu redup dan tidak pula terlalu menyilaukan.
3. Aturlah waktu belajar dengan seefisien mungkin . Biasakanlah untuk belajar setiap hari pada jadwal yang telah anda  tetapkan. Hindari kebiasaan menumpuk tugas yang perlu dikerjakan sampai menjelang batas akhir waktu yang ditetapkan. Hentikanlah kebiasaan sistem kebut semalam. Cara belajar seperti itu akan  menjadi pribadi yang harus ditekan untuk bergerak . Pola ini biasanya akan berlanjut ketika andah memasuki dunia kerja dan bisa menghambat peningkatan karir anda kelak.
4. Belajarlah dengan aktif . Jangan puas hanya menjadi pelajar atau mahasiswa yang teoritis saja. Hasil belajar anda akan lebih optimal kalau anda belajar sambil mempraktekkan apa yang anda pelajari. Sistem belajar sambil praktek sudah terbukti berhasil diterapkan dalam banyak pendidikan inormal seperti kursus bahasa, mengemudi, inormatika , menjahit dsb. Prinsipnya berlaku untuk bidang apapun yanganda pelajari , termasuk belajar bicara didepan umum , belajar berdansa , berenang dsb.
5. Belajarlah dengan minat yang besar agar kualitas dan hasil belajar anda lebih optimal. Dengan minat yang tinggi , anda bersemangat menggali berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi yang anda pelajari. Itulah alasannya mengapa sebaiknya anda kuliah dibidang yang benar-benar  . Kalau anda sangat menyukai teknik , mungkin andaakan mengalami masalah kalau anda harus kuliah ekonomi dsb. Tapi kalau anda sudah terlanjur salah jurusan, atau berada ditempat yang kurang anda sukai maka cobalah unuk menyukainya. Milikilah rasa tanggung jawab terhadap sesuatu yang telah anda ambil atau putuskan. Namun terkadang minat juga bisa muncul dari penyusuaian diri , percayalah tidak ada ilmu yang tak bermanfaat raihlah segala bidang ilmu , pelajari dengan matang jangan setengah-setengah hingga bisa didapat suatu kecerdasan multi dimensi.
6. Pelajarilah teknik belajar yang efektif agar anda belajar dengan waktu yang relatif singkat tapi dengan hasil yang lebih memuaskan. Sebagai contoh TEKNIK PENYEBARAN WAKTU mengajarkan bahwa lebih baik kamu belajar 3 x 1 jam daripada 1 x 3 jam.
7. Pelajarilah teknik membaca cepat agar anda bisa membaca dengan kecepatan tinggi dan dengan pemahaman yang tinggi pula. Ini adalah kemampuan vital bagi anda yang hidup diera digital dan informasi. Dengan daya baca berkecepatan tinggi, syukur-syukur bisa membaca dengan mata hati pula ,sehingga arus informasi yang deras tidak akan meneggelamkan anda , tapi justru melejitkan prestasi untuk meraih keberhasilan.
8. Pelajarilah teknik mengingat dengan memanaatkan kata kunci atau kata akronim. Dengan kemampuan ini daya ingat anda akan dipertajam sehingga anda bisa mengingat bahan pelajaran dengan cepat dan akurat. Banyak teknik mengingat yang sudah teruji praktis yang dapat dipelajari untuk meningkatkan daya ingat, daya konsentrasi dan memacu potensi belajar.
9. Pelajarilah teknik menulis. Dengan kemampuan ini anda tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan tulis-menulis secara sistematis dan mudah dipahami, baik berupa laporan , skiripi, artikel dsb. Keahlian menulis sangat diperlukan didunia kerja dan juga akan memungkinkan anda untuk menjadi penulis buku , wartawan dsb.
10. Pelajarilah cara berpikir yang logis , rasional dan objektif. Meskipun pikiran anda lebih hebat dari komputer , mungkin baru sebagian saja /kecil bagian dari otak yang anda manfaatkan. Berkat jasa para ilmuwan, sekarang otak anda  bisa dilatih untuk memacu potensimu yang luar biasa sehingga anda bisa lebih berprestasi dalam studi dan sukses dalam hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar